analisa website

ANALISA WEB
PROPOSAL INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Di susun oleh :
Nama :
Nim : 12146808
Kelas : 12.3D.04

MANAJEMEN INFORMATIKA
BINA SARANA INFORMATIKA
( BSI )
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Kualitas pelayanan dalam penyebaran informasi perkuliahan di dalam dunia maya telah menjadi kebutuhan yang sangat penting karena hal tersebut berdampak terhadap tingkat kepuasan mahasiswa dalam pelayananya. Pada akhirnya peningkatan kualitas pelayanan tersebut menjadi indikator Universitas Gunadarma dan Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) dalam meningkatkan Citra di dunia internet dan sekaligus menjadi media publikasi. Beberapa modul dan konten yang sudah tersedia di Website Universitas tersebut seperti Hit Konter, Download File, Forum Diskusi, dan Pengabdian dan Penelitian menjadi kualitas pelayanan informasi.
Disini saya akan membandingkan dan mengkritik website dari kedua Universitas tersebut yang beralamatkan di studentsite.gunadarma.ac.id dan bsi.ac.id tugas analisa pada website ini adalah agar dapat memenuhi tugas mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK).

1.2 Batasan Masalah
Batasan masalah dalam peneletian Analisa Website Universitas Gunadarma dan Unversitas Bina Sarana Informatika (BSI) yaitu :
a) Menganalisa dan membandingkan aksesibilitas.
b) Menganalisa dan membandingkan susunan dan tata letak.
c) Menganalisa dan membandingkan penggunaan warna.
d) Menganalisa dan membandingkan penggunaan layout.
BAB II
ISI

Website merupakan suatu koleksi dokumen HTML pribadi atau perusahaan yang memuat informasi dalam Web Server (sistem komputer di suatu organisasi, yang berfungsi sebagai server (suatu unit komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola jaringan komputer) untuk fasilitas World Wide Web atau Web, dan dapat diakses oleh seluruh pemakai Internet).
Gunadarma dan Bina Sarana Informatika adalah sebuah sistem informasi berbasis web yang dibangun dengan tujuan mengorganisasi data akademik pada sebuah Universitas/Perguruan Tinggi secara online. Pengorganisasian data yang dimaksud meliputi pengelolaan sistem registrasi dan sistem penjadwalan perkuliahan, pengelolaan Kartu Rencana Studi (KRS), mengontrol data perkuliahan, pengorganisasian nilai mahasiswa, penanganan pendaftaran wisuda dan masih banyak lagi. Web tersebut dapat diakses secara online melalui jaringan internet sesuai dengan halaman yang telah ditentukan.

2.1 Aksesibilitas
Dilihat dari aksesibilitas website ini sangat ringan, dan mudah di cari di mesin pencari(Google,bing dll), website ini tidak terlalu berat, dan dapat di akses dengan mudah melalui handphone, sehingga saat pengunjung membuka website ini, tidak menunggu terlalu lama untuk mengaksesnya, tapi di anjurkan untuk lebih nyamanya user mengakses melalui PC/komputer dan sejenisnya, agar tidak ada kesalahan atau error saat berinteraksi dan mendownload data penting.

Dilihat dari domain yang digunakan yaitu studentsite.gunadarma dan students.bsi, domain tersebut sangat mudah diingat karena domain tersebut tidak mengandung unsur yang berbeda misalkan gabungan huruf dan angka, yang sangat sulit di ingat terlebih lagi domainnya menggunakan nama dari judul website tersebut.
2.2 Susunan dan Tata Letak
– Gunadarma

gundar
– BINA SARANA INFORMATIKA (BSI)

bsi

Dapat dilihat pada gambar diatas bentuk susunan dari website tersebut, bagian
kontent, menu, sidebar dan lain sebagainya.
– Header
Pada website studentsite.gunadarma.ac.id terdapat header yang sangat simple dan terlihat logostudentsite.gunadarma.ac.id berukuran sedang dan di samping tertulis nama universitasnya. Sedangkan website students.bsi.ac.id mengunakan logo yang cukup besar dibandingkan logo studentsite.gunadarma.ac.id, dan tertulis nama universitasnya terlihat kecil di banding tulisan ruang mahasiswa. sekilas dari kedua universitas ini memiliki tampilan header yang berbeda.

– Konten
Pada bagian konten website studentsite.gunadarma.ac.id memiliki cukup banyak corak warna namun tidak menghilakan kesan simple pada websitenya, untuk tampilannya di tengah halaman ada tabel yang terbagi menjadi katagori sperti akademik, perpustakaan, surat keterangan dan yang lainya. berbeda dengan students.bsi.ac.id memiliki tampilan satu warna yaitu hijau dan terlihat jelas mengutamakan informasi dari setiap mahasiswa yang harus diketahui yang di letakan di tengah halaman agar mahasiswa tidak melewatkan informasi terbaru dari kampus.

– Sidebar
Pada sidebar dari kedua kampus ini tidak jauh berbeda menampilkan daftar data mahasiswa seperti home, email, akademik dll, ada beberapa yang berbeda untuk studentsite.gunadarma.ac.id terlihat kita dapat langsung mengklik dan mengganti password pengguna sedangkan students.bsi.ac.id tidak dapat langsung mengklik dan menggati langsung.
2.3 Warna
Warna merupakan salah satu elemen yang penting dalam tampilan sebuah situs. Situs dengan pemilihan warna yang baik akan membuat pengakses nyaman dan mempunyai kesenangan tersendiri pada saat mengakses situs dan menbaca isi dalamnya.
Dilihat dari combinasi warna pada website students.bsi.ac.id dan berpaduannya, memiliki warna yang cerah, dan terlihat menarik, berbeda dengan website studentsite.gunadarma.ac.id yang hanya menampilkan hitam dan putih dan simple namun terlihat menarikdan tidak menyakitkan mata ketika terlalu lama mengunjungi website ini.

2.4 Layout
Layout / form pada tampilan website students.bsi.ac.id penuh dengan text yang tidak terlalu rapih menatanya dan studentsite.gunadarma.ac.id sangat sederhana, susunan yang rapi, terbagi menjadi beberapa katagori yang berbeda warna setiap tabelnya agar mudah mengingatnya.
BAB III
PENUTUPAN

3.1 Kesimpulan
Dilihat dari segi tampilan dan penggunaan warna pada website ini, menurut saya ada beberapa yang berbeda meski sebenarnya memiliki tujuan dan fungsi yang sama dari website ini, memudahkan kita sebagai pengguna untuk mengakses informasi dari masing-masing universitas. Dan sebernarnya website universitas dinilai bukan karna dari segi tampilan atau desain yang bagus menurut saya melainkan seberapa mudah, cepat dan update di setiap informasi untuk memberikan layanan melalui jaringan internet kepada penggunanya.

Tinggalkan komentar